Minggu, 24 Oktober 2010

kumpulan kata mutiara terbaru - kata-kata bijak islami - kalimat bijak islam

kumpulan kata mutiara terbaru - kata-kata bijak islami - kalimat bijak islam

Orang yg kesehariannya berkepribadian buruk juga berkesempatan sama untuk berubah menjadi orang baik. Ia perlu dilembuti, dinasihati, dan dikasihsayangi. Tidak dibiarkan dalam keburukannya. Hendaknya orang di sekitarnya tidak berputus asa mengajaknya kpd kebaikan, sekalipun wataknya keras dan selalu menolak nasihat. Ingatlah, sekeras-kerasnya batu tentu akan lubang jg bila terus terkena tetesan air. (Muhammad agung)

Banyaknya pekerjaan janganlah menghalangimu utk merasakan kebahagiaan. Hidup di dunia yg sebentar ini juga butuh dinikmati. Makan makanan yg enak,tidur yg cukup,berkumpul dg keluarga,dll. Setelah itu bekerjalah kembali. Ada saatnya tali diulur,ada pula saatnya ditarik,agar tali tidak cepat putus. Jadikan hidupmu senyaman mungkin,tanpa melalaikanmu dari kewajiban2 kpd Alloh,diri sendiri,keluarga,dan orang lain..


Semua orang memiliki ciri khas wataknya masing-masing. Tidaklah indah dunia ini jika semua orang memiliki watak yang sama. Ada orang yg lembut, keras, sabar, pemarah, dsb. Maka dalam bergaul dengan orang lain perlu keterampilan khusus. Kita harus memperlakukan mereka sesuai wataknya. Dengan perlakuan proposional semacam ini, besar harapan kita dicintai banyak orang dan mereka akan menjadi sahabat baik kita..


Ada orang yg ditakdirkan Alloh utk menginspirasi byk orang di sekitarnya. Berdekatan dengannya melecut diri kita utk semakin semangat dlm berkarya. Berteman dengannya menjadikan diri kita merenung dalam2, bhw kita belum berbuat apa2 utk dunia & masyarakat. Kalaulah teman inspiratif laksana sinar mentari itu kita jauhi sinarnya, tentulah kita akan kembali ke masa-masa yg kurang bersemangat & bergairah..


Memang kita hidup di dunia ini adl dng bermasyarakat. Sangat mustahil jk manusia hidup sendiri; tidak butuh orang lain. Tapi ada orang yang suka kita & ada pula yang iri lagi benci kepada kita. Kebaikan lisan & akhlak kita kepadanya tetap akan dinilai sebagai keburukan. Terhadap orang seperti itu jangan terlalu dipikiri. Selama kita tetap di atas rel kebenaran walau sejuta manusia benci kita, kita tetap jalan terus..


Tanyalah kpd dirimu,apakah prestasi yg telah kau raih hari ini?brapa target yg berhasil kau capai?dan harapan apa yg ingin kau capai? orang yg tak memiliki target pencapaian dan target yg hendak diraih,maka hidupnya akan gersang. Tak ada kesungguhan menjalani hidup. Hidup dibiarkan berlalu bgitu saja. Tak ada tantangan sama sekali. Apa anda rela hidup sperti ini,sedang rekan anda telah melampaui anda jauh di depan?


Masa depan biarlah datang dg sendirinya. Masa depan bukan urusan kita, tapi urusan Alloh. Bisa meledak kepala ini kalau terus-terusan memikirkannya. Kekhawatiran dan kecemasan akan slalu menghantui. Hidup kok dibikin susah. Lalui masa depanmu kelak dg usaha maksimal. Berpikir positif-lah bahwa masa depan akan berjalan & berakhir dg bahagia..


Jika ruh telah menyatu dg kebaikan, maka tak ada yg bisa menentramkan ruh tersebut kecuali dg kebaikan pula. Bila di sekitarnya banyak keburukan, maka ruh jelas merasakan kesumpekan. Ruh akan mencari-cari, dimanakah kebaikan berada. Bila orang telah terbiasa dg kebaikan, maka ia hanya akan cinta dg yg baik-baik saja. Ia merasa tdk enjoy berada di lingkungan buruk, bersama teman buruk, dg pembicaraan yg buruk-buruk..


Melalui status ini kuungkapan kepadamu bahwa Anda, saya, dan semua orang juga punya masalah. Satu masalah selesai, seribu masalah lain telah menanti. Anda sedih, kamipun juga bisa sedih. Jadi di dunia ini bukan hanya Anda saja yg bersedih karena banyaknya masalah. Bahkan bisa jadi kesedihan kami lebih hebat dari kesedihan Anda. Yah, inilah hidup. Suka dan duka, mari kita lalui bersama-sama..


‎"Harimu yang paling utama adalah hari Jum'at .. karena itu perbanyaklah membaca sholawat atasku, karena sesungguhnya bacaan shalawatmu akan disampaikan kepadaku.." (Shohih, HR. Bukhori, Muslim, Abu Daud, Nasa'i)


Memegang teguh kebenaran butuh pengorbanan. Akan lebih banyak org yg benci daripada yg mendukung. Sangat sulit utk membuat semua orang ridho kepada kita. Banyak tarik ulur yg membuat kita goyah terhadap kebenaran. Jangan menyerah memegang teguh kebenaran, krn banyak orang senasib seperti Anda. Dan seperti kisah-kisah yg telah berlalu, orang seperti Anda inilah yang akan mendapatkan penghargaan..


Seorang wanita adalah perumpamaan bidadari di dunia. Ia cantik nan anggun. Ia lembut dan penuh kasih sayang. Siapapun akan merasakan kehangatan didekapnya. Mereka memiliki rasa malu yang berlimpah. Itulah yang membuatnya indah dari jenis manusia lainnya. Maka sangat disayangkan, bila pakaian kebidadariannya ditanggalkan. Digantinya dg pakaian kehinaan yg menjual keindahan dirinya. Sekarang, dia bukan bidadariku lagi.


Ibnu Daqi Al ‘Ied mengatakan, "Fitnah kehidupan adalah fitnah yang dihadapi manusia semasa ia hidup yaitu berupa fitnah-fitnah dunia (harta), fitnah syahwat, kebodohan dan yang paling besar dari itu semua –semoga Allah melindungi kita darinya- yaitu cobaan di ujung akhir menjelang kematian. Sedangkan fitnah kematian yang dimaksud adalah fitnah ketika mati."


Tentu kita semua pernah merasa sumpek. Kegiatan ini itu tidak pernah berganti. Dari pagi sampai malam gitu-gitu aja kegiatannya. Nah, mengapa kita tidak memberi sedikit hidup kita dengan sentuhan-sentuhan yang membangkitkan kembali semangat kita? Seperti misal, kita suka sholat di masjid A, kenapa tidak mencoba di masjid B? Di sana nanti kita juga bisa bertemu kenalan-kenalan baru, suasana baru, dan tentu, warna baru


Tidak apalah jika kita telah berusaha keras namun hasil tak kunjung jua datang. Yang penting kita telah berusaha dan berusaha semaksimal mungkin. Bila berhasil kita bersyukur dg syukur yang tidak menyombongkan diri sendiri. Bila gagal tak usahlah terlalu meratap dalam-dalam. Kita jadikan kegagalan ini sebagai pembakar semangat agar terus berusaha dan berusaha lagi. Tak ada kata menyerah untuk para calon pemenang..


Sebagai seorang manusia yg cepat atau lambat akan menemui ajal, maka tinggalkanlah utk generasi setelahmu mahakarya yg bermanfaat. Apakah itu tulisan, pemikiran, ataukah karya lainnya. Kita tidak ingin meninggalkan dunia ini lantas nama kita hilang begitu saja. Kita ingin nama kita selalu wangi, dikenang, lalu didoakan kebaikan oleh banyak orang. Dan kita ingin jasa kita terus abadi meski tubuh sudah tak brnyawa lagi


Jangan salahkan orang-orang di sekitarmu jika mereka cemberut kepadamu. Bisa jadi wajahmu tidak menampakkan aura kebaikan, tapi aura kemuraman. Wajah muram datangnya dari hati. Mungkin saja hati Anda belum Anda beri makanan rohani, sehingga hati Anda gelisah lantas tersirat jelas dalam wajah Anda. Perbaikilah hatimu, bersihkan kerak-keraknya, senangkan dia dengan banyak-banyak berdzikir memuji namaNya..


Jadilah kau orang yg dicintai sahabat-sahabat baikmu. Kemana kau berpijak, di sana mereka menyambutmu seakan-akan sudah lama tak bersua. Di saat kau hendak berpisah, sahabatmu menitikkan air mata seakan-akan tak sudi melepas kepergianmu. Sahabat yg terbaik adalah sahabat yg banyak memberi manfaat, mencintai di saat dekat, tambah cinta di kala jauh, saling mendoakan, dan saling menjaga nama baik..


Kita semua pada hakikatnya sedang dalam proses menerima rizki yg berkesinambungan dari Alloh. Lebih dan kurang, kita harus mensyukurinya. Siapa yg bersyukur maka Alloh akan menambah nikmat kepadanya. Ada yg diberi rumah yg mewah namun belum diberi keturunan. Sebaliknya, ada yg diberi banyak keturunan tapi tinggal di kontrakan. Alloh memang sangat adil atas pembagian rizkinya. Renungan ini semoga menghibur..


"Ya Rabb kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia)."
(QS. Ali Imron: 8)


Semoga Alloh merahmati para suami yg berlelah-lelah mencari nafkah untuk anak istri. Mereka berjauhan jarak dan waktu. Hati mereka selalu terpaut kepada keluarganya. InsyaAlloh bagi mereka, setiap tetes keringatnya, kerinduannya, dan linangan air matanya semua bernilai pahala. Ya Alloh cukupkanlah para suami dengan harta yg halal saja. Enggan untuk memberi makan anak dan istri dengan harta-harta yang haram..


Dan semoga Alloh merahmati pula para istri yang berletih melayani suami dan membesarkan anak dg sepenuh hati. Mereka menjadikan dirinya tempat berteduh untuk suami dan anak tercinta. Dibelainya suami dan anaknya dengan kasih sayang. Siap menerima segala curhat dari suami, lalu menggantinya dengan cerita romantis utk menghibur sang suami. Dan si anak makin betah di rumah karena kehangatan dirinya..


Alloh yang memberi kepada kita semua kelebihan. Kita bisa menggapai kesuksesan karena nikmat Alloh bukan karena kepintaran kita. Banyak orang yg mencintai kita bukan semata-mata kepribadian kita yg menawan, namun Alloh-lah yg menggerakkan hati sahabat-sahabat kita utk mencintai kita. Kita sesungguhnya tak berdaya tanpa uluran kasih Alloh. Maka katakanlah, 'Alhamdulillah', smoga Alloh memberi tambahan nikmat atas kita


Semoga Alloh senantiasa menganugerahiku teman baik. Yang mengingatkanku ketika aku lupa dan salah. Yang menunjukiku jalan-jalan keselamatan. Dan mengajakku berkenalan dengan sahabat-sahabat baik lainnya di tempat-tempat baik dan dalam kondisi penuh kebaikan. Pilihlah olehmu teman yang baik dalam agama dan akhlaknya. Karena diri kita akan meniru kepada siapa orang yang kita sering bergaul dengannya.. (muhammad agung)


Dimudahkannya untuk banyak beramal sholeh adalah juga bagian dari nikmat Alloh. Tidak semua orang dimudahkan untuk bisa beramal sholeh. Entah karena tidak tersedianya fasilitas atau sikap malas dan menunda-nunda untuk beramal sholeh sekalipun fasilitas tersedia. Bersyukurlah bila Anda dimudahkan untuk ringan ketika berinfaq, puasa, sholat malam, dan bersikap lemah lembut terhadap sesama..


Kepada saudaraku para wanita, kenalilah diri Anda, bahwa Anda adalah seorang wanita yg terkenal dengan sifat malunya. Jangan mau Anda diajak berkenalan dengan seorang pria, lantas kencan ke suatu tempat. Tahukah Anda, hatinya lebih busuk dari penampilan luarnya. Anda adalah wanita yg dimuliakan penduduk langit dan bumi. Jangan rendahkan diri Anda dengan menjual murah harga diri dan kehormatan Anda sebagai wanita..


Alloh telah memberikan banyak rizki dan nikmatnya kepada kita. Dan kita baru menyadarinya bila telah kehilangan semuanya itu. Mumpung nikmat-nikmat tersebut masih melekat pada kita, pergunakan dengan sebaik-baiknya. Sambil bayangkan bila semua nikmat tersebut dicabut dari kita, dengan harapan kita makin termotivasi untuk berbuat lebih maksimal lagi dengan nikmat-nikmat tersebut..


Usia muda adalah usia emas untuk berkarya. Dimana kekuatan tubuh masih maksimal untuk berbuat apa saja. Tergantung kita mampu untuk memanfaatkannya ataukah tidak. Banyak orang tua yang menyindir anak-anak muda zaman sekarang kurang pandai berkarya, namun ternyata mereka sendiri waktu mudanya dulu juga demikian. Silahkan berbuat apa saja di masa mudamu, siapa yang berbuat dialah yang merasakan hasilnya..


Jika ada orang yang menyalahkan kita karena kita keliru, maka terimalah teguran itu dengan lapang dada. Dan bersyukurlah karena masih ada orang yang mau meluruskan kita. Daripada kita didiamkan terus di atas kekeliruan yang berlanjut-lanjut. Teguran sama sekali bukanlah penghalang utk sukses, tapi mendekatkan kita kepada kesuksesan. Maka jangan marah menghadapi teguran, karena teguran baik untuk kehidupan kita..


Bila kita telah menjadi orang tua atau akan menjadi orang tua tentu kita ingin anak kita patuh dan tidak durhaka kepada kita. Tapi coba ingatlah, apakah kita dulu sebagai anak telah patuh dan tidak durhaka kepada orang tua kita? Ingatlah, balasan sesuai amal perbuatan. Jika anak kita sekarang tidak patuh kepada kita, bisa jadi kita dulu kurang patuh ke orang tua kita. Tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki diri..


Jangan bangga dengan kecantikanmu karena pada akhirnya semua akan menjadi tulang. Jangan bangga dengan pakaian bagusmu karena pakaian terakhirmu adalah kain kafan. Jangan bangga dengan mobilmu karena mobil terakhirmu adalah mobil jenazah. Jangan bangga dengan tempat tidurmu karena tempat tidur terakhirmu adalah tanah. Dan jangan bangga dengan rumahmu yang mewah karena rumah terakhirmu adalah kubur.. (muhammad agung)


Video rekaman hidup akan sgt memalukan jk tersiar, aplg berisi aib-aib kita. Tnp disadari bhw ada yg lebih awas dlm merekam sisi2 hidup kita, mrk adalah para malaikat pencatat amal di kanan kiri kita. Sampai tibalah hari penghisaban, buku catatan amal akan dibacakan di hadapan mns. Akan malu orang yg buku catatan amalnya byk berisi keburukan & akan sumringah orang yg buku catatan amalnya byk berisi catatan kebaikan..








Dosa membuat nikmat menjadi musibah. Dosa membuat hati yg tenang jadi gelisah. Dosa membuat urusan yg semula lancar jadi berantakan. Ingatlah dosa-dosa apa saja yg telah kita perbuat, sengaja atau yg tidak sengaja. Jangan kita sibuk dgn dosa orang lain. Dosa yg kita perbuat, cukuplah sekali saja, jangan diulangi lagi. Berhentilah skrng juga, dan mintalah ampun kepadaNya, karena Dia Maha Pengampun.(Muhammad Agung)



kumpulan status akh muhammad agung


Kenikmatan surga tidak akan menghampiri seseorang yang lalai dan tidak bersungguh-sungguh untuk menggapainya. Diperlukan waktu, tenaga, dan segala upaya untuk meraihnya. Sebagaimana harta yang berlimpah, halal, lagi barokah, tidak akan didapat seseorang yang bermalas-malasan, namun akan didapatkan oleh mereka yg bekerja keras, sungguh-sungguh, dan pantang menyerah. Siapa yg menanam, dialah yg menuai..


Hati kita selamanya tdk akan pernah berkumpul dng dua cinta sekaligus. Jika ada dua hal yg kita cintai, pastilah ada satu yg lebih kita cintai dr lainnya. Sekarang kita dihadapkan dng cinta Alloh atau cinta gemerlapnya dunia. Kedua cinta ini saling mengalahkan, satu dominan yg lainnya dikesampingkan. Semua orang pasti memilih cinta Alloh sbg cinta dominannya, hanya saja cinta ini tdk murah, butuh pengorbanan..


Bila dihadapkan 2 perkara yang sama-sama menimbulkan kerusakan, maka pilihlah perkara dg kerusakan yg minim. Sebaliknya pilihlah perkara yg melahirkan kebaikan terbesar jika dihadapkan 2 perkara yg sama-sama bermaslahatnya. Dan pertanda orang yang cerdik adalah jika dihadapkan 2 pilihan, maka ia akan memilih pilihan yang termudah selama tidak membahayakan dan dilarang oleh agama..


Bersiap menghadapi segala kemungkinan hasil. Bisa sesuai dengan yang kita harapkan atau meleset dari yang kita perkirakan. Semua orang tentu siap lahir dan batin memperoleh hasil yang diinginkan, namun sedikit orang yg tetap tegar tatkala mendapatkan hasil sebaliknya. Maka dari itu, antisipasilah jauh-jauh hari untuk tidak terlalu berharap kepada hasil. Karena apapun hasilnya, itulah yg terbaik dari Alloh untuk kita


Tetap tenang.. tetaplah tenang, yang halal masih banyak, jauhilah harta syubhat itu. Apakah kita rela menukar ketenangan jiwa, barokahnya hidup, kesakinahan keluarga terlebih kenikmatan surga yang telah menanti -dengan harta yg tidak halal? Carilah pintu-pintu rizki yg tidak menggadaikan agamamu. Bersabarlah dengan harta yg sedikit, toh kita hidup di dunia tidak lama. Dan apa yg ada padamu sekarang, syukurilah..


Hati itu sungguh berbolak-balik. Kita bersusah payah meningkatkan kualitas keimanan berhari2 namun sedetik sj sdh turun keimanan kita lg. Mumpung kualitas keimanan kita sdg meninggi, pergnkan utk byk2 beribadah. Dan carilah lingkungan, teman serta kondisi yg menjaga keimanan kita tetap terjaga, ttp stabil dlm ketaatan kpd-Nya, shg kita terus mersakan kedamaian & ketenangan jiwa yg tdk pernah dirasakan oleh para raja2


Akankah lebih baik jika para wanita yang merasa cantik & memiliki wajah cantik untuk tidak memajang dengan sembrono foto-fotonya di jejaring sosial Facebook ini. Kecantikan Anda lebih mahal dari apapun juga, sementara tindakan memajang foto sembarangan adalah tindakan murahan yang harus dihindari. Berikan wajah cantik Anda kepada yang berhak mendapatkannya, yakni suami Anda. Karena ridho suami Anda adalah surga Anda.


Meminta apapun kepada manusia adalah sebuah pekerjaan yg sia-sia. Lantas kepada siapakah kita sepantasnya meminta dan berharap? oh.. ternyata ada Dzat yang telah membuka pintu rahmatNya lebar-lebar, mengabulkan semua keinginan dan harapan, tak menolak satupun permintaan, tak peduli apakah yang meminta orang kaya atau miskin semua keinginan akan dikabulkan. Lalu kenapa Anda merasa putus harapan?


Aku berupaya agar pikiranku dan hatiku tetap menampakkan semangat keoptimisan, sekalipun di kanan kiriku suasana tidak mendukungku. Banyak wajah suram dipasang, keluhan demi keluhan terlontar dari mulut orang-orang, dan banyak lagi lainnya yang selalu mendorongku supaya aku sama seperti mereka, mengeluh dan mengeluh. Tidak, sekali-kali tidak. Inilah aku wahai dunia.. bahwa aku adalah seorang yang berjiwa optimis !!!


‎"Siapa yang bekerja keras dialah yang menuai hasil". Adalah pepatah lama yang terus membakar diri kita agar mau kerja, kerja, dan kerja keras. Hasil apapun yang didapat, tidak mematahkan semangat kita untuk kembali kerja dan kerja. Bukan hasil baik atau buruk yang dipermasalahkan, namun konsistensi kita untuk terus bersemangat dalam menjalani hidup dengan kerja dan kerja, itulah yang jadi permasalahan..


Bersabarlah hidup di tengah2 masyarakat yg jahil dari agama. Dan bersyukurlah, krn Anda telah dipilih Alloh dari sekian banyak manusia utk lebih dulu merasakan manisnya iman. Maka jika ada masyarakat ataukah keluarga, mayoritasnya tidak paham agama sedang Anda adalah sedikit dari yang mengerti betul agama, maka peganglah erat nikmat tiada tara itu. Jangan menukarnya dengan harta atau apapun kebahagiaan semu lainnya..


Take Me 'Zina' & Take Him 'Zina', sehrsnya itulah judul yg pantas utk jdl acara entertainment di TV swasta. Wanita, prianya, menonjolkan kelebihan apa yg pantas utk menarik 'syahwat' calon pasangannya. Sdhlah tak perlu ditanya bgmn erotisnya pakaian mrk. Para setan bersorak sorai menyaksikannya. Oh.. dimanakah rasa malu mrk, dikemanakan agama mrk? Laki2 yg baik utk wanita yg baik & laki2 yg buruk utk wanita yg buruk.(muhammad agung)


Imam Ibnu Qayyim al-Jauziyyah berkata, “Orang yang mencintai dunia atau harta (secara berlebihan) tidak akan lepas dari tiga (kerusakan dan penderitaan) : Kekalutan (pikiran) yang tidak pernah hilang, keletihan yang berkepanjangan, dan penyesalan yang tiada akhirnya [Kitab “Igaatsatul lahfan” (hal. 83-84, Mawaaridul amaan)]


Memang sebuah rutinitas kadangkala menjemukan. Namun adakalanya kita butuh rutinitas yang membosankan tersebut untuk mengisi waktu-waktu luang kita. Karena waktu luang yang tidak terisi dengan kegiatan yang bermanfaat, maka pasti akan terisi dengan kegiatan yg jauh dari manfaat, seperti melamun, menonton tv, atau tidur yang berlebih. Maka hindarilah olehmu waktu luang yang membinasakan.. !!!


Seseorang akan dinilai seberapa tinggi cita-citanya. Jika cita-citanya hanya setinggi gunung, maka derajatnya juga hanya akan mencapai tingginya gunung. Berbeda lagi jika ia memiliki cita-cita setinggi langit ketujuh. Tentu ia akan lebih mulia daripada orang pertama. Lantas, setinggi apakah cita-cita Anda? apakah Anda lebih mengejar derajat di dunia saja dengan mengesampingkan derajat untuk akhirat Anda?


Terus terang amal baikku tidak lebih banyak daripada teman-temanku. Mereka telah berbuat lebih daripadaku, siang dan malam telah mereka habiskan untuk berbuat baik. Tapi aku masih diberi hidup, artinya masih ada kesempatan untukku berbuat baik. Maka aku memohon kepada Allah agar aku diberikan umur yang barokah, mudah beramal sholeh, dan istiqomah terus sampai tidak ada lagi kehidupan dalam ragaku..


Terkadang melihat halaman status facebook teman-teman, serasa kita belum memiliki apa-apa. Sepertinya mereka telah diberi kelebihan nikmat daripada kita. Tapi alhamdulillah, aku segera tersadar. Bahwa diantara resep bahagia adalah melihat orang yang di bawah kita. Trnyata kita diberi kelebihan nikmat yang sungguh luar biasa daripada mereka-mereka yang kurang beruntung itu. Segala puji bagi Allah atas segala nikmatNya


Wkt malam menjelang sahur adalah wkt yang pas untuk merenung. Catatan hidup apa yang telah digoreskan untuk menghadapi dahsyatnya pertemuan dengan Sang Pemilik Kehidupan. Wkt sahur, adalah wkt yang hening, wkt yang segar setelah bangun tidur, wkt yang paling nikmat untuk mendengar kalam illahi. Lebih nikmat drpd menghabiskan malam dengan begadang di tempat-tempat hiburan malam. Cobalah rasakan sendiri, & nikmatilah..


Seorang murid bersedih karena sekian lama belajar ia masih juga belum paham. Lalu ia pergi ke sebuah sungai sekedar melepas penatnya. Dalam kesedihannya itu, ia melihat sebuah batu yang berlubang karena tetesan-tetesan air. Ia bergumam, batu yang keras saja bisa lubang karena air, tentu akalku lebih bisa lagi. Dari peristiwa itu, lantas ia belajar dan terus belajar keras, hingga akhirnya ia menjadi ulama besar.


Jika Anda berjalan di padang pasir yang panas. Sedang persediaan air Anda telah habis. Saat itu Anda sedang menggiring unta yang juga kehausan dengan mengangkut harta Anda yang banyak. Jika saya membawa segelas air untuk Anda dengan syarat Anda harus menukarnya dengan semua harta termasuk untanya, bersediakah Anda? Sekarang Anda telah memiliki berliter-liter air, namun mengapa Anda tetap saja merasa miskin?


Jika ada kegelisahan dalam hati, kesumpekan dalam jiwa, kekalutan dalam pikiran, dan kebuntuan dalam urusan, aduhai kemanakah akan ku adukan segala permasalahanku itu? Bila ku datang kepada manusia, toh mereka juga sama sepertiku. Punya banyak kegelisahan, bahkan lebih parah dariku. Alhamdulillah, aku masih punya Allah, tempatku mengadu dan Dialah yang pasti menolongku, aku yakin itu..



Demi Allah, cinta telah mengiringi suasana hatinya. Ia telah merasakan cinta. Cinta yang memuncak kepada kekasihnya. Di matanya, sungguh ia tak bercela. Inginnya ia mendekati si dia untuk mengungkapkan isi hati, bahwa aku mencintaimu. Namun sesuatu yang besar telah menghalanginya. Syariat telah menjaganya, Allah mengawasinya, hatinya tidak membenarkannya, bahwa cinta yang belum sah seperti itu tidak halal baginya..


Apa yang kita takutkan dari setan? manusia terbiasa mendidik anaknya, "Awas ada setan !!" hingga anak tumbuh dewasa dengan takut kepada setan, bukan takut kepada Allah. Bila kita hanya takut kepada Tuhannya setan, maka setan akan mengecil seperti lalat. Dengan berdoa minta perlindungan kepada Allah dari setan, kemanapun kita tidak was-was, tidak gemetar bila sendiri dlm rumah, dst..


Sungguh nikmatnya makanan akan terasa saat kita lapar. Sekalipun hanya sepotong roti, tapi nikmatnya bukan main. Tak pandang bulu, orang kaya atau miskin juga merasakan nikmat yg sama. Padahal roti itu bukan roti mahal. Hanya roti berisi coklat dg bungkus plastik sekenanya. Tapi, para pejabat, saudagar kaya, bahkan tukang becak sangat butuh dengannya ketika lapar..
Met Puasa Senin Kamis bg yg menjalankan.^-^

Wahai para hamba, janganlah kau bersandar kepada sesuatu yang lemah, mudah hancur bak sarang laba-laba. Manusia tidak mampu memberimu manfaat. Bahkan menolak darimu kesialan. Dialah Allah yang Maha Perkasa, Berdiri Sendiri, Tidak Butuh Bantuan MakhlukNya. Mintalah kepadaNya, cukuplah Dia sebagai penolongMu..


Pikiran jika dibiarkan kosong maka setan akan mengisinya dengan pikiran negatif. Begitupula hati. Jika hati kosong, tidak diisi dzikir, maka setan akan mengisinya dengan kegelisahan. Begitulah senantiasa setan selalu ingin melemahkan manusia. Setan paling jengkel dengan manusia yang melalui hari-harinya dengan ibadah. Dan paling senang dengan manusia yang menghabiskan waktunya dengan sia-sia..(muhammad agung)


Ya Allah, kami mengakui diri kami adalah lemah tak berdaya. Maka berilah kekuatan agar kami sanggup berdiri. Ya Allah, lindungilah diri kami dari musibah yang meruntuhkan agama kami. Ya Allah, bantulah kami dalam berdoa, bersyukur, dan memperbagus ibadah kami. Ya Allah, Engkaulah Maha Pengampun, suka mengampuni, maka ampunilah segala dosa-dosa kami, ibu dan bapak kami..


Teruslah berjuang, karena kita tidak mengetahui tentang hasil akhirnya. Selama belum ada kepastian hasil, maka masih ada kesempatan untuk terus berusaha. Tetaplah optimis melangkah. Setiap kita punya peluang yang sama untuk berhasil. Tidak ada manusia yang selalu gagal terus, karena roda kehidupan terus berputar. Bisa jadi sebentar lagi keberhasilan akan berpihak kepada Anda, yakinlah !!!


Jangan anggap remeh doa dan taubat, karena keduanya juga dapat memperlancar segala urusan kita. Doa dan taubat juga memiliki kekuatan di samping ikhtiar/usaha kita. Apabila usaha telah dikerahkan secara maksimal, maka perbanyaklah doa dan taubat. Dan diantara tanda urusan kita akan diperlancar adalah kita diberi ilham untuk terus berdoa dan berdoa..



Malam telah larut. Hari-hari kita telah berakhir dengan indahnya. Catatan masa lalu telah tertutup rapat, tak bisa diubah lagi. Maka yang berlalu biarlah berlalu, jangan kau sesali apa saja yang berada di dalamnya. Biarlah kenangan di masa lalu itu memberikan pelecut agar menjadikan hari esok kita menjadi hari yang lebih baik. Berpikir optimis dan melangkah dengan optimis pula.. Insya Allah.


Wahai istriku, cintailah aku bagaimanapun keadaanku. Kau telah mendampingiku sekian waktu selalu bersamaku. Tidaklah ada romantika, melainkan kau ada di sisiku. Jadilah kau sahabat terbaikku. Yang mendengar keluh kesahku, dan menghiburku di kala ku pilu. Wahai istriku, sungguh ku ridho kau menjadi istriku. Kan ku sebut di hadapan Tuhanku, kau adalah sebaik-baik wanita pendampingku..


Kata-kata positif adalah kata-kata sihir yang bisa mengubah keadaan. Kita dapati teman kita sakit, kita katakan kepadanya, "Jangan kuatir, InsyaAllah sembuh !!!". Ternyata tak beberapa lama ia pun sembuh, dengan izin Allah, melalui kekuatan kata-kata positif. Begitupula untuk kita, cobalah berdiri di depan cermin, katakan dengan sepenuh keyakinan, "Ya.. saya pasti bisa !!!". Rasakan apa yg terjadi..


Keikhlasan adalah barang mahal. Kita berbuat baik kepada orang lain jika mengharap imbalan darinya, maka tidak ada ganjaran untuk kita dari sisi Allah, selain secuil imbalan dari orang lain tersebut seperti yang memang kita harapkan di awal. Ikhlas tidaknya niat dalam beramal baik, akan mempengaruhi kualitas dan derajat amal kita di sisi Allah. Jika kita ikhlas semata-mata karenaNya, maka itulah amal yang terbaik


Usaha maksimal telah kita kerahkan. Sekarang kita pasrahkan hasilnya kepada Yang Maha Rahman. Kita yakin Dialah Allah yang pasti memberikan kita kebaikan, serta menolak dari kita keburukan. Hati yang selalu bergantung, maka nasibnya akan berada pada yang digantungkannya. Maka kita gantungkan sepenuhnya urusan kita kepadaNya saja, semoga kebaikan selalu menyertai kita, amin..


Rizki tidak akan dapat dipercepat datangnya dengan mencurangi orang, dan rizki tidak akan lambat datangnya karena kita jujur. Ingatlah, rizki kita pasti akan sampai kepada kita sekalipun manusia tidak menginginkannya. Dan rizki orang lain tidak akan mungkin sampai kepada kita sekalipun kita menginginkannya


Pada hakekatnya seseorang yang terkenah musibah adalah orang-orang yang MENANG
dalam menghalau nafsunya ? justru orang yang tidak terkena musibah (derita) itulah orang orang yang KALAH dalam perjuang melawan nafsu KECUALI orang yang SABAR dan MENSYUKURI nikmat.


Derajat Sabar ialah dgn tidak ada kebencian (tidak mempertanyakan) terhadap musibah yang menimpa. Sehingga yang harus ditampakkan adalah RIDHO, bahwa semua yang terjadi adalah atas kehendak-Nya. Sabar yang baik adalah bila orang yang tertimpa musibah tersebut tidak diketahui oleh orang lain (ia tidak mengumbar perihal musibahnya tsbt ke orang lain).


“mencari teman (saudara) itu sulit tapi mencari musuh seribu itu mudah” artinya hanya kejujuran dan keikhlasan yang mampu menjadi jembatan persaudaraan (silaturrahim) yang sebenarnya. (wallahu a’lam bissowab)


Ikhlas bukannya mengalah atas keputusan Allah, Tapi bersyukur atas pilihan terbaik yang diberikan Allah pada kita..


Buat sahabat2ku yg lg sedih, hrus ttap semangat krn ALLAH syang kpd hambaNYA yg kuat dlam menjalani ujianNYA. Krena bgitu banyak anugerah n nikmat yg hrus kta syukuri. Slalu berprasangka baik n bersyukur ALLAH msih memberikan ujian , berarti kta termasuk orang2 yg masih diperhatikanNYA. ALLAH slalu memberikan sesuatu yg kta butuhkan bkan sesuatu yg kita inginkan. Karena DIA lebih tahu mana yg terbaik
buat hambaNYA.


"Penderitaan kan melahirkan kehampaan batin, kesunyian, kering kerontang dan tanpa arti jika kita memaknainya sebagai azab namun akan melahirkan ketabahan jika kita menerima dengan sabar & ikhlas serta memaknainya sebagai ujian yg harus kita lewati" Kesadaran seperti ini yang mendorong kita untuk bersikap arif, bersujud dihadapan Allah seraya mengakui ke"dhaif"an kita.


Betapa banyak orang mencapai keberhasilan karena memiliki sifat sabar & ikhlas dlm menerima kegalalan & penderitaan. Dengan berusaha keras mengatasi kekurangan diri dan mencari peluang mengasah diri dg segala kemampuan, akhirnya mereka menjadi orang yang berhasil dalam mengarungi kerasnya hidup ini.


Allah menjanjikan pertolongan dalam kesulitan, menjanjikan dekat dengan orang sabar, dan menjanjikan kebaikan dibalik setiap kesulitan hidup. Ya Allah jadikanlah setiap langkah apapun yang kami tempuh agar selalu
menuju ridho-MU dan jadikanlah kami orang yang pandai melihat
karunia-MU agar kami pandai bersyukur atas apa-apa yang telah Engkau
berikan. Amin




kumpulan status saudara muhammad agung

kumpulan kata mutiara terbaru - kata-kata bijak islami - kalimat bijak islam